Kamis, 21 Mei 2015

Tips & Trik Menggunakan Microsoft Excel

Tips & Trik Menggunakan Microsoft Excel

HAY, saya Maghfirah Della , saya akan membagi sedikit tips dan trik menggunakan microsoft Excel
Excel, program pengolah angka buatan Microsoft ini cukup memusingkan bagi yang tak terbiasa menggunakannya, termasuk saya :D . Tapi sedikit tips dan trik bisa membantu Anda menggunakan Excel, pasti lama-lama Anda akan menyukainya juga he he he......


  • Menambah Tanggal dan Waktu 
    Untuk menambah tanggal pada Cell, tekan [Ctrl] sembari menekan Colon/Semicolon. Demikian juga untuk menambahkan waktu, tekan [Ctrl] + [Shift] sambil menekan Colon/Semicolon.
  • Mengganti Warna Tab
    Anda bisa mengganti warna tab di Excel spreadsheet. Klik tab yang akan diwarnai, lantas pilih menu [Format] [Sheet] [Tab Color]. Tentukan warna dan klik [OK].
  • Menyembunyikan Sheet
    Anda bisa menyembunyikan Excel worksheet untuk mengurangi lembar yang tampil di layar. Sorot Sheet yang akan disembunyikan lalu pilih [Format] [Sheet] [Hide]. Untuk menampilkan kembali klik [Unhide].
  • Membersihkan Format
    Untuk membersihkan format di Excel spreadsheet, sorot Cell yang akan diubah lalu pilih [Edit] [Clear] [Formats].
  • Memonitor Cell
    Gunakan Watch Window untuk memonitor Cell di Workbook lain. Untuk menambahkan Cell ke Watch Window, klik-kanan pada Cell tersebut dan pilih [Add Watch]. Anda bisa mengatur posisi Watch Window di atas atau di bawah toolbar standar Excel.
  • Menambah Quotes
    Excel dapat mengenali simbol stock dan fetch stock quotes dengan menggunakan MSN MoneyCentral Investor. Pertama, aktifkan Smart Tags dengan memilih [Tools] [AutoCorrect Options] [Smart Tags]. Pastikan kotak Label data with smart tags sudah tercentang dan tekan [OK]. Buka internet dan masukkan simbol stock ke dalam Cell. Sebuah segitiga hijau kecil akan muncul di pojok kanan bawah Cell. Arahkan kursor di atas Cell, lalu klik ikon yang muncul dan pilih Insert refreshable stock price. Pilih On a new sheet untuk menampilkanquote atau kutipan pada Worksheet lain atau Starting at cell untuk menampilkan stock pricepada Cell yang sedang Anda buka.
  • Mengubah Secara Bersamaan
    Untuk mengganti typeface atau ukuran semua Cell di spreadsheet secara sekaligus, klik boks yang ada di pojok kiri atas.
  • Mengurutkan Data
    Anda bisa mengatur ulang data di spreadsheet dengan mengeklik kotak yang ada di pojok kiri atas. Lantas pilih [Data] [Sort]. Pada jendela Sort, pilih kolom yang akan Anda urutkan dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Bagi anda yang mencari bagaimana cara membuat nilai acak di microsoft excel disini akan saya bahas bagaimana caranya. Untuk para guru dan para pengajar yang suka NGAJI alias ngarang biji cara ini cukup jitu untuk digunakan untuk men-generate angka-angka acak di microsoft excel
Langsung aja. Untuk membuat nilai acak di microsoft excel cukup anda gunakan fungsi =RAND() Berikut ini rumus fungsi penjelasan dan kegunaannya:
  1. Fungsi =RAND() > akan men-generate angka mulai 0-1
    cara menggunakannya: misalkan ketik pada cell A1 rumus =RAND() kemudian gunakan Autofill atau pengkopian rumus di excel, maka angka random dari 0 sampai dengan 1 akan di tampilkan. Untuk membuat angka-angka tersebut menjadi puluhan silahkan gunakan rumus =RAND()*100
  2. Fungsi =RAND()*(b-a)+a > akan men-generate angka antara a dan b
    cara menggunakan: Misalkan anda akan men-generate angka antara 80-100 maka rumus yang harus anda masukkan adalah =RAND()*(80-100)+100
  3. Fungsi =RANDBETWEEN >akan men-generate angka dengan batas yang dapat ana tentukan sendiri (mirip dengan nomor 2)
    cara menggunakan: Sebelum anda menggunakan fungsi RANDBETWEEN silahkan ubah setting formula auditing modenya caranya Klik menu tools kemudian add-in dan centang check paling atas sendiri yaitu analisis toolpack. Setelah itu baru anda gunakan rumusnya. Misalkan anda mau men-generate angka antara 70-100 maka rumusnya adalah=RANDBETWEEN(70,100)
  4. Jika ketiga nilai dari rumus formula diatas ingin dirubah nilainya cukup dengan meletakkan pointer di cell kemudian tekan tombol F9 pada keyboard
Ketika menggunakan Microsoft Excel, kadang atau mungkin sering sekali kita menggunakan mengisi angka dalam sebuah cell dengan menggunakan paste values (hanya mengambil angka dari cell lain, bukan rumus ataupun yang lainnya). Hal yang paling sering dilakukan untuk melakukan hal tersebut adalah 4 langkah berikut ini :
(1) klik kanan pada cell yang akan diisi untuk memunculkan popup menu,
(2) kemudian memilih item menu paste special,
(3) klik pada opsi value,
(4) klik OK.
Sebenarnya kita dapat menghemat empat langkah tersebut menjadi hanya satu langkah: sebuah klik pada tombol paste value yang ada di toolbar. Secara default tombol tersebut tidak ada pada toolbar, sehingga tombol tersebut harus anda buat sendiri.


a. untuk microsoft office 2003 or older:Tombol toolbar Paste Values
(1) klik kanan pada sembarang area toolbar,
(2) pada popup menu pilih item menucustomize,
(3) pilih page commands pada popup window,
(4) pilih kategori edit, pada daftar commands cari paste values,
(5) tambahkan pada toolbar dengan cara drag tombol paste values tersebut ke toolbar ,
(6) tutup popup window.




b. Untuk Microsoft Office 2007
Tombol toolbar Paste Values
(1) Klik kanan pada area Quick access toolbar
(2) pilih Customize Quick access toolbar pada pop up menu
(3) Akan muncul pop up window, pada dropdown commands pilih item all commands 
(4) cari dan pilih item Paste Values
(5) klik add button
(6) tutup pop up window
Tombol toolbar siap digunakan. Anda tinggal klik tombol tersebut kapanpun anda anda membutuhkan paste value.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar