Kamis, 21 Mei 2015

Kegiatan Aktivitas Kuliah Di Teknologi Hasil Pertanian (THP)

Kegiatan Aktivitas Kuliah Di Teknologi Hasil Pertanian (THP)

Kegiatan Aktivitas Kuliah Di Teknologi Hasil Pertanian (THP)


apa itu THP ?

Baiklah saya akan menjelaskan sedikit apa itu Teknologi Hasil Pertanian

SEJARAH DAN RUANG LINGKUP TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN


Untuk sedkit memberikan gambaran Bidang Keahlian Teknologi Hasil Perta-nian (THP) atau kini diusulkan menjadi Bidang Keahlian Agroindustri, batasan dan lingkup serta bagaimana pengelompokan Program Keahliannya dilakukan, kiranya perlu sekilas melihat perjalanan sejarah THP dan Agroindustri itu sendiri.
1. Sekilas Sejarah THP 
Bidang Keahlian (BK) Teknologi Hasil Pertanian lahir sekitar awal tahun sembilan belas enam-puluhan, diawali oleh Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung dengan nama Jurusan Teknologi Pangan tahun 1961, kemudian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada UGM sejak 1963, setahun kemudian (1964) menyusul Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian (Fatemeta) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan Jurusan (dulu Departemen) THP. Sejak itu, banyak sarjana THP telah dihasilkan oleh UGM, IPB dan perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Brawijaya, Malang, Universitas Andalas, Padang, dll. Pada tahun 1980 Program Studi (PS) THP IPB facing out dan berkembang menjadi dua program studi, yaitu PS Teknologi Pangan dan Gizi (TPG) dan PS Teknologi Industri Pertanian (TIN), karena keduanya berada di bawah Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta). Salah satu alasan pengembangan THP menjadi dua jurusan itu karena BK THP kurang tegas terkait dengan industri pertanian. Hal itu penting karena pada era itu sedang digalakkan industrialisasi di semua sektor, termasuk sektor pertanian. THP adalah jembatan antara sektor industri dan sektor pertanian yang kini populer dengan nama agroindustri. Walaupun PS THP kini tiada lagi di IPB, namun di berbagai perguruan tinggi lain yang memiliki program studi itu tetap berjalan dan tetap menghasilkan Sarjana THP atau pun Sarjana Teknologi Pertanian dengan Minat Utama (Major) Pengolahan Hasil Pertanian.
2. Lingkup THP
Bidang Keahlian THP merupakan pengembangan dari bidang keahlian yang semula dikenal dengan nama Pengolahan Hasil Pertanian (PHP). Kata ‘Peng-olahan’ dirasakan sempit dan kurang tepat, sehingga diganti dengan kata ‘Teknologi’ yang antara lain mencakup juga pengolahan. Persepsi lingkup THP memperoleh konsensus pada pertemuan/Lokakarya THP tahun 1978 di IPB Bogor. Secara umum lingkup bidang THP meliputi tiga ranah penting, yaitu kegiatan penanganan, peng-amanan dan pengolahan hasil pertanian. Perbedaan prinsip antara penanganan dan pengamanan hanya terletak pada sifat kegiatan masing-masing. Kegiatan ‘penanganan’ bersifat relatif lebih proaktif, sementara kegiatan ‘pengamanan’ relatif lebih pasif-protektif. Mengumpulkan, menumpuk, mengopek (membuang bagian tidak diperlukan), membersihkan, memilah, menimbang, mewadahi, mengikat, memuat dan membongkar atau memindahkan tergolong kegiatan ‘penanganan’, sedangkan membungkus, mengemas, melindungi dan menyimpan merupakan kegiatan ‘pengamanan’.
Perbedaan kegiatan penanganan dan pengolahan terutama terletak pada sifat hasil operasi/kegiatan masing-masing. Keluaran kegiatan ‘penanganan’ sedikit banyak relatif masih memiliki bentuk/sifat/karakter bahan (komodits pertanian) semula atau dengan kata lain hanya mengalami perubahan sifat yang tidak drastis atau radikal, sementara kegiatan ‘pengolahan’ memberikan keluaran atau produk yang memiliki sifat jauh berbeda dengan bahan semula, atau bentuk/sifat/karakter semula berubah secara drastis atau radikal. Contoh: kegiatan dari panen padi (basah) sampai menjadi gabah kering dan bersih tergolong kegiatan ‘penanganan; sedangkan kegiatan menggiling gabah menjadi beras putih tergolong ‘pengolahan’. Sebagian menganggap kegiatan dari panen sampai menjadi beras masih tergolong kegiatan ‘penanganan’, dan baru jika beras itu dijadikan tepung beras, atau produk serealia lain yang berbentuk/sifat jauh berbeda dengan bentuk/sifat semula tergolong ‘pengolahan’.

ya, jadi dapat di simpulkan thp itu adalah dimana kita lebih mengolah hasil pertanian menjadi lebih berharga lagi, dan mengubahnya dalam berbagai bentuk anek ragam lainnya...
 Nah, saya sendiri juga berkuliah di :
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Pertanian
Universitas Syiah Kuala
Kota terdekat: Banda AcehKota CalangKota Meulaboh
Koordinat:   5°33'59"N   95°22'19"E
  • Pengalaman Saya Selama 2 semester di THP

          Pengalaman saya selama kuliah di THP ini pasti ada bermacam ragam mulai dari senang sedih, yang sedihnya saya harus jauh dari orang tua karena harus merantau untuk kuliah dari Meulaboh ke  Banda Aceh untuk menuntut ilmu. Yang Senangnya saya mendapatkan banyak pengalaman bagaiamana hidup mandiri dan juga mendapatkan teman- teman yang sangat baik, dan juga masih banyak pengalaman yang lainnya.
       Tentunya Pengalaman saya di THP ini masih sangat sedikit karena saya masih menduduki semester 2 di Unsyiah ini, saya berharap akan mendapatkan ilmu yang lebih dan bermanfaat lagi untuk kedepannya. Supaya saya bisa menjadi orang sukses di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar